logo
Informasi Seputar Hobi Merpati


Kencleng Team Tangerang Pemain Bebasan Yang Mulai Merintis Patekan

SULAP PLAYER PATEK JADI JAWARA DI BEBASAN


Sabtu, 3 Agustus 2019


SULAP PLAYER PATEK JADI JAWARA DI BEBASAN
saemilan
Kru Kencleng makin kompak.

Hobbymerpati.com,- Kecintaan bos Kencleng, Hendar, terhadap dunia merpati memang tidak terbantahkan. Sejak SMP bos Kencleng sudah bergelut dengan dunia merpati. Disekolah SLTP ini, ia sudah menjadi penerbang salah satu team ternama di kota Bandung. Dan, hingga kini, kecintaan itu tidak bisa lepas. Seiring dengan usahanya yang maju membuat lelaki kelahiran Bandung ini mengeluti dua hobi sekaligus : Merpati Tinggi bebasan (Tangerang) dan Patek (Bandung).

Secara harfiah, Kencleng berasal ari bahasa sunda yang berarti gelo, alias gila. Kenapa dinamakan team Kencleng? Karena sejak puluhan tahun ke belakang, bos Kencleng memang sudah “gila” dalam urusan take over burung. Ia selalu membeli burung dengan tawaran di atas rata-rata. Dan, hingga kini, kalau ada burung bagus dengan kualitas mumpuni, kalau ia suka pasti harga berapapun ia beli.

Hendar bos Kencleng enjoy geber sendiri.

“Hoby memang tidak ada angkanya. Kalau sudah suka, harga berapapun pasti dibeli,”ujar bos Kencleng memulai pembicaraan dengan hobbymerpati di kandang bebasan, Tangerang, beberapa waktu silam.

Main dibebasan memang sudah puluhan tahun, sejak sistem bebasan jantannya masih ditangkap tangan, ia sudah mulai aktif main merpati. Hingga kini, Kencleng team makin eksis, bahkan performa player-playernya saat ini sedang naik daun. Dibebasan, Beberapa playernya pun menjadi perhitungan team-team bebasan lainnya. Ia memiliki segudang player jempolan, yang telah mengangkat pamor team.

Beberapa player yang belakangan berprestasi di team Kencleng adalah Prabowo. Beberapa kali burung loss dor ini menjadi juara dibeberapa lomba besar bahkan boleh dibilang Prabowo menjadi salah satu player terkenceng. Linbad dan Nusantara, dua player ini pekan lalu juara di Mekarsari,  Naga Angkasa, Kompas, ternakan Kencleng yang siap menghetakan jagat bebasan. Sementara itu, Akas adalah maskot Kencleng yang sudah puluhan kali menghaparkan prestasi. Bensol burung patekan yang bulan lalu menjadi juara di lapak Padel. Sementara Bungsu, yang sama-sama burung patekan juga pas ditakeover langsung menjadi juara 4 dan PB di lomba Tangsel.

Kandang utama Bebasan kencleng team Tangerang.

Borong Empat Burung Dari Mekar Tiga Sudah Juara

Team Kencleng adalah salah satu team yang mampu menyulap burung patekan menjadi jawara di bebasan. Empat burung yang ditakover Kencleng dari Mekar (Bensol, Bungsu, Doi dan BMW), ketiga dari keempat burung tersbut sudah juara. Pertama kali adalah Bungsu, sebulan sesudah pindah tangan, Bungsu langsung beraksi di lomba Tangsel menjadi juara keempat dan juara PB.

Demikain pula dengan Bensol, ia langsung bersaing dengan panasnya persaingan burung-buurng los dor bebsan, saat anniversari kelima Lapak Padel, Bensol menjadi salah satu dari delapan burung yang dibagi. Padahal, bila tidak di bagi, Bensol memiliki kans besar untuk menjadi juara. BMW yang difokuskan main di patekan juga sudah menjadi juara kesatu di lomba THR an PSL Bandung. Sementara itu, Doi, saat ini burung ini sedang memberesin masa istirahat, jadi belum kelihatan kinerjanya.

Kencleng saat juara di patekan lapak PSL Bandung.

“Mudah-mudahan saja, ditangan Kencleng Bensol, Bungsu, Doi dan BMW terus berprestasi,” ujarnya.

Keberhasilan Bos Kencleng menyulap player patekan menjadi juara bebasan memang tidak semudah membalikan tangan. Sudah beberapa kali ia mencoba membeli burung patekan menjadi player bebasan, namun hasilnya kurang memuaskan. Namun untuk ketiga burung ini, Bensol dan Bungsu langsung beradaptasi dengan cepat. “Yang pasti bagi kami adalah kualitas burung dulu. Adaptasi belakangan, karena main di patekan sama di bebasan berbeda. Namun, kalau burung sudah memiliki kualitas adaptasinya tidak akan lama, ya seperti Bungsu dan Bensol yang langsung juara,” bebernya.

Tahun 2020 Ready Main Patekan

Saat ini, masih bisa kehitung player-player Kencleng untuk patekan. Kareananya, untuk saat ini Kencleng masih pilih-pilih lomba PMTI, selain playernya masih kurang, kandang barunya  yang di Bandung masih direnovasi.

“Kandang patekan di Bandung sedang dibangun. Mudah-mudahan cepat selesai. Kami menyiapkan 30-40 kandang dikandang baru ini, sebagian sudah terisi. Ya mudah-mudahan awal tahun 2020, team Kencleng meramaikan lomba-lomba PMTI,” ungkapnya.

Player Kencleng yang siap ngorbit.

Yang pasti, saat ini Kencleng sedang bergerilya mencari player-player yahud, untuk mengisi dan menambah amunisinya dipatekan. “Saat ini beberapa burung PMTI sedang dipantau untuk jadi amunisi baru. Sambil jalan saja, mudah-mudahan kandang baru selesai dan semuanya terisi dengan playernya,” bebernya.

Piyikan Bebasan Dilatih Dipatekan

Puluhan piyikan hasil ternakan Kencleng dari darah bapak Prabowo di Tangerang beberapa diantaranya dilempar ke Bandung untuk dijadikan player patekan. Kualitas piyikan Kencleng terbilang grade A, itu terbukti dari piyikan-piyikan kencelng yang juara di bebasan, seperti Linbad, Nusantara, Naga Angkasa dan Kompas. Semuanya adalah hasil ternakan kencleng. Nah, sebagian dari trah tersebut dilempar ke Bandung untuk dilatih dan dibiasakan di mejaan. “Mudah-mudahan saja bisa berhasil orbitkan trah bebasan menjadi juara di patekan,” pungkas bos Kencleng.

Meleburnya team Kencleng dilomba-lomba patekan memberi warna tersendiri. Kehadirannya ini menjadikan persaingan team-team PMTI makin ketat. SO, kita lihat debutnya ditahun 2020. (saemilan)